APENSO INDONESIA

header ads

PEMAHAMAN PANCASILA PERLU DIUPAYAKAN SEJAK USIA PAUD

Berita:

PEMAHAMAN PANCASILA PERLU DIUPAYAKAN SEJAK USIA PAUD


Oleh: Kris Mariyono
Director Jurnalism Asosiasi Pendidikan dan Sosial (APENSO) Indonesia

Upaya pemahaman Pancasila sebagai nilai luhur bangsa dan dasar negara berdasarkan pandangan Koordinator Mata Kuliah umum PKN-Pancasila  FKIP Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya  Drs.Atnuri.MPd , tidak hanya perlu ditekankan di jenjang pendidikan Menengah hingga Mahasiswa,melainkan juga di jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) . "Pendidikan PAUD merupakan peletak dasar usia emas oleh karena  itu dalam PAUD harus dididik melalui sikap-sikap kebiasaan diantaranya berdoa dengan tenang dan bagus ,berbagi dengan temannya ,saling tolong menolong "Jelas Atnuri yang juga dikenal sebagai penceramah agana Islam.

Ia menambahkan, sebenarnya janin yang ada dikandungan Ibu sudah diberi pemahaman Pancasila  .Salah satu contoh kecil adanya ungkapan  Jawa "Amit-amit Jabang bayi, lanang  wedok ojok sampai koyok ngono" itu cerminan Pancasila. Kemudian ada selamatan ,doa itu juga pemahaman Pancasila.

Doa itu kepada Tuhan ,mengundang masyaarakat sekitarnya  merupakan gambaran Kenanusiaan Yang Adil Beradab. Berkumpul  adalah Persatuan Indonesia. Pada waktu dia ada yang dipimpin dan memimpin sebagai merupakan cerminan Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Permusyawaratan  Perwakilan. Pulang membawa berkat (bingkusan) tidak ada yang sedikit tudak ada yang banyak melambangkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia."Sebuah contoh kecil dari Selamatan ibu hamil yang memiliki pemahaman nilai-nilai Pancasila "Tandas Atnuri  penuh semangat.

Berbicara makna Pancasila dalam kehidupan berbangsa bernegara  kata Atnuri ,Pancasila sebagai hidayah  bagi bangsa Indonesia yang multi kultural  dan nilai-nilai luhur bangsa yang harus dipertahankan dan dijunjung tinggi."Pancasila harus pedoman  arah pengarah perilaku bangsa jika ingin bahagia dunia akherat dan Pancasila harus secara totalitas demi kemajuan dan kemakmuran bangsa "Jelas Atnuri sembari menambahkan agar kalangan masyarakat yang belum dapat menerima Pancadila agar merenung berinterooepeksi diri.

Ia mengharapkan, agar mahasiswa menjunjung  tinggi dan menhaga Pancasila dari berbagai ancaman diantaranya Radikalisme. Gererasi agar melaksanakan Pancasila secara optimal sesuai keyakinan masing-masing dan yakinlah Jika Pancasila dilaksanakan dengan baik bangsa akan menjadi bangsa sejahtera.

Posting Komentar

0 Komentar