APENSO INDONESIA

header ads

Sosialisasi Antihoaks MAFINDO kepada Pendamping PKH Kabupaten Jombang "KOTAKU ANTI HOAX"

Berita sosial:



Sosialisasi Antihoaks MAFINDO kepada Pendamping PKH Kabupaten Jombang
"KOTAKU ANTI HOAX"
Oleh : Kang Nuhin
SAHABAT APENSOINDONESIA.COM


Jombang 24  September 2019. Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) melakukan sosialisasi antihoaks kepada pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Jombang dengan tema "Kotaku Antihoaks" di Gedung Rumah Pelayanan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Jombang. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang Moch. Saleh membuka acara dan memberikan sambutan. Beliau menyambut hangat inisatif relawan MAFINDO dan berharap acara ini akan dapat memperkuat sinergi antara berbagai pihak dalam melawan hoaks yang mengganggu segala lini kehidupan, termasuk di dalamnya kerja-kerja sosial.

Sosialisasi ini diikuti oleh 23 pendamping PKH Jombang Tengah.
Dari pihak MAFINDO Jombang, Erna Murti, Nuril Hidayah, dan Hanifah Atmi Nurmala bertindak sebagai narasumber dan M. Nuhin sebagai moderator. Koordinator MAFINDO Jombang, Nuril mengatakan, setelah momen pemilu, hoaks masih tetap berkembang biak bahkan dengan topik yang makin variatif. Beberapa hoaks bahkan memicu terjadinya insiden kekerasan. Karena itu program-program inokulatif untuk meningkatkan literasi digital masyarakat dan mencegah penyebaran hoaks perlu semakin digalakkan dan diperluas ke berbagai segmen masyarakat.

Para pendamping PKH memiliki peran yang sangat strategis dalam mengedukasi masyarakat, terutama kalangan marginal. Di situlah pentingnya melakukan sosialisasi antihoaks kepada mereka tentang bagaimana cara menangkal hoaks dengan harapan agar pemahaman yang didapat diteruskan kepada masyarakat yang mereka dampingi.

Pada kesempatan ini para narasumber dari MAFINDO Jombang berbagi tentang konsep hoaks, beberapa jenis hoaks, serta bagaimana cara melawan hoaks dengan menggunakan beberapa tools yang disediakan oleh MAFINDO  seperti aplikasi Hoax Buster Tools dan Kalimasada. Hoax Buster Tools adalah aplikasi yang diciptakan oleh Tim IT MAFINDO dan dapat diunduh secara gratis di Playstore. Aplikasi ini dapat digunakan masyarakat umum untuk memeriksa apakah suatu berita itu benar atau bohong, atau mencari berita yang bebas dari hoaks. Kalimasada adalah aplikasi cek fakta di WhatsApp yang dapat mempermudah pengecekan informasi yang cukup mudah digunakan, hanya dengan menyimpan nomor yang diberikan dan mengetikkan kata kunci informasi yang hendak diperiksa kebenarannya. (Nh)

Posting Komentar

0 Komentar