APENSO INDONESIA

header ads

“Isi Liburan Belajar Dengan Alam Untuk Meraih Prestasi”

Isi Liburan Belajar Dengan Alam Untuk Meraih Prestasi”


Oleh: H. Banu Atmoko
Guru
Partner apensoindonesia.com

Berlibur adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh banyak orang meskipun bukan tidak mungkin ada orang-orang tertentu yang sengaja menghindari liburan, bisa jadi karena sudah kecanduan kerja, dianggap hanya menghambur-hamburkan uang bahkan menganggap liburan itu bukan sesuatu yang penting serta banyak alasan lain.

Liburan selain sebagai momen untuk refreshing dan bersenang-senang, liburan bisa menjadi sarana pembelajaran bagi seseorang. Banyak hal yang akan dilihat, yang akan ditemukan yang sangat mungkin membawa pada introspeksi diri, menemukan nilai-nilai kehidupan luhur yang mungkin belum pernah saya kenal. Selain itu, liburan bisa menjadi sarana pembelajaran yang berguna untuk ‘menggembleng’ kita menjadi manusia yang lebih tangguh dari hari ke hari.

Liburan di alam terbuka selalu diminati banyak orang. Selain karena tidak membutuhkan biaya besar, kegiatan ini juga dianggap dapat memberikan penyegaran disela padatnya aktivitas. Manfaat lain yang dapat diperoleh adalah menambah keakraban bersama keluarga dan teman sambil menikmati keindahan alam, menjaga kelestariannya, serta belajar mensyukuri ciptaan Tuhan. Biasanya momen berlibur di alam terbuka hanya dinikmati dengan mengunjungi taman bermain, mencari tempat nyaman untuk menggelar tikar, saling bercengkrama sambil menikmati perbekalan.  Padahal saat liburan di alam terbuka ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan dan bisa jadi pengalaman baru, bahkan menambah pengetahuan dan wawasan.

Dalam mengisi liburan yang berlangsung selama 1 minggu SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7–9, Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir.

Pada Hari Jum’at 27/12/2019.
Mengadakan kegiatan dengan alam yaitu latihan pramuka, dalam kesempatan ini latihan pramuka diisi dengan kegiatan Pionering dengan 8 tongkat, serta alhamdulilah seluruh siswa/siswi sudah bisa membuat soal–soal sandi  yang sudah mereka siapkan dari rumah masing–masing, setelah dibuat soal tersebut di transfer ke Sandi Morse, dimana dari Sandi Morse di transfer ke Smaphore.

Dalam kesempatan ini, seluruh siswa/siswi didampingi oleh Ibu Anis Laily Mufidah, S.Pd. selaku Kepala SDS “AL-IKHLAS Surabaya, Ketua Komite SMP PGRI 6 Surabaya, dan dalam kesempatan tersebut juga hadir Bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Bapak Banu Atmoko, S.Pd.  seluruh siswa/siswi sangat antusias dalam kegiatan tersebut. Kak Syahrul, S.Pd. selaku Pelatih Pramuka sangat bangga terhadap anak didik di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya.

Menurut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Bapak Banu Atmoko, S.Pd. bahwa kegiatan liburan tersebut mengajak seluruh siswa/siswi-nya bermain dengan alam dan mengisi liburan dengan hal-hal yang positif seperti kegiatan pramuka dalam rangka pengembangan pendidikan karakter serta dalam rangka untuk meraih prestasi.

-----

Posting Komentar

0 Komentar