APENSO INDONESIA

header ads

Kesehatan Manula

Opini:

KESEHATAN MANULA

Oleh: Gempur Santoso

Hampir semua teman sebarakan (seusia) saya sudah menjadi kakek atau nenek. Buktinya, hampir semua sudah punya cucu. Ini memang tahapan hidup pada level kakek atau nenek.

Umur semakin bertambah tua, status derajat kesehatan pun semakin menurun. Perlu upaya menjaga kesehatan agar tidak nyungsep (tersungkur). Maklum, organ tubuh kapasitasnya semakin berkurang. Tetap sehat sesuai usia.

Menjaga kesehatan usia lanjut dapat dengan :
Pertama adalah olah pikir. Seberapa besar kesulitan yang kita pikirkan perlu ditata. Jangan sampai tak berfikir, malah akan loyo. Jadi tetap berfikir. Batas berfikirnya adalah "sesuatu didengar tak enak, dilihat juga tak enak, maka biarkan saja". Nandangi (mengerjakan) sendiri juga sudah tak kuat. Ya diam saja, diam lebih baik. EGP (emang gua pikirin) itu obat yang saat melebihi ambang kapasitas berfikir.

Kedua, olah makan. Nah... ini yg terkait dengan nafsu. Nafsu makan. Menurut sunah "makanlah saat lapar, berhentilah sebelum kenyang". Tapi juga jangan lupa, pilih makanan yg sehat menyehatkan dan halal.

Ketiga, olahraga. Cukup bergerak. Syukur sampai keluar keringat. Usahakan. Ada sunah juga "kalau suka bersilaturohim akan memperpanjang umur". Saya menduga, saat bersilaturohim, tentu akan beraktivitas gerak. Kesana kemari bergerak bersilaturohim. Ada olahraganya bergerak saat silaturohim.

Semoga anda sehat, kita sehat, tidak pikun, tidak loyo walau sudah tua dan makin tua. (GeSa)

----


Posting Komentar

0 Komentar