APENSO INDONESIA

header ads

Serunya Keceriaan Alumni SPEGRINAM Silahturahmi Ke Sekolah

“Serunya Keceriaan Alumni SPEGRINAM Silahturahmi Ke Sekolah“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



   Seorang alumnus (jamak : alumni) adalah lulusan sebuah sekolah, perguruan tinggi, atau universitas. Seorang alumnus bisa pula merupakan mantan anggota, karyawan, kontributor, atau tahanan, selain mantan siswa. 

   Selain itu, seorang alumna (jamak : alumnae) adalah "lulusan wanita atau mantan siswi sebuah sekolah, perguruan tinggi, atau universitas". Jika dalam kelompok terdiri dari pria dan wanita, walaupun hanya ada satu pria, kata jamak yang digunakan adalah alumni. 

   Seorang alumnus atau alumna adalah mantan siswa dan biasanya lulusan dari suatu institusi pendidikan (sekolah, perguruan tinggi, universitas). Menurut Departemen Pendidikan Amerika Serikat, kata alumnae dipakai untuk perguruan tinggi wanita atau sekelompok siswi. Kata alumni dipakai untuk perguruan tinggi pria, sekelompok siswa, atau campuran siswa-siswi.

   Sesuai dengan aturan tata bahasa yang mengatur infleksi kata benda dalam rumpun bahasa Roman, kata jamak maskulin alumni bisa digunakan untuk kelompok yang terdiri dari kedua jenis kelamin : alumni Universitas Princeton. Istilah ini kadang dipendekkan menjadi "alum", yang berarti "seorang alumna atau alumnus". 

   "Alumni" (bentuk jamak) sering salah digunakan sebagai bentuk tunggal untuk kedua jenis kelamin; misalnya, "Saya alumni universitas ini," bukannya "Saya alumnus/alumna universitas ini". Pemakaian ini salah baik dalam konteks formal atau historis. Kemungkinan terjadinya salah pemakaian ini adalah karena ketidaktahuan tentang tata bahasa Latin dan kenyataan bahwa banyak dokumen cetak dan barang universitas yang menggunakan bentuk jamak dari kata ini.

   Reuni alumni adalah acara yang terkenal di berbagai institusi. Acara ini biasanya diselenggarakan oleh asosiasi alumni dan biasanya sekaligus acara penggalangan dana sosial. Mengapa banyak orang sering mengatakan kebersamaan itu indah, kebersamaan itu menyenangkan, dimana ada kebersamaan pasti disitu ada perpisahan, kebersamaan itu meski jauh namun terasa dekat atau bisa sebaliknya, dan masih banyak lagi versi dari setiap orang yang memaknai arti suatu kebersamaan. 

   Untuk itu mari kita bersama-sama mencari tahu apa arti kebersamaan yang sesungguhnya dan apa benar dengan adanya rasa saling kebersamaan bisa membuat seseorang memiliki rasa solidaritas sehingga bisa menciptakan suatu kekeluargaan yang erat. 

   Kata sesimple kebersamaan mengandung makna yang mendalam karena kebersamaan memang indah. Kebersamaan adalah bukanlah suatu hubungan yang identik dengan selalu bersama secara fisik melainkan bagaimana suatu hubungan yang dapat merapatkan hati dengan antar sesamanya karena hati itu sesuatu yang abstrak yang tidak bisa dinilai oleh panca indra biasa. 

   Saling barbagi kebersamaan bisa kepada siapa saja baik kepada teman, sahabat, keluarga, ataupun dengan kekasih. Banyak persoalan-persoalan/masalah-masalah yang akan lebih mudah diselesaikan jika dengan kebersamaan. Sebaliknya bila kebersamaan terpecah belah akan pahit rasanya dan akan banyak pengorbanan yang dibutuhkan untuk memperbaikinya kembali. 

   Karena dengan kebersamaan kita bisa merasakan kasih sayang yang sudah terpancar dari orang-orang yang terkasih dan hal ini yang dapat menjadikan suatu motivasi diri dalam menjalani lika-liku kehidupan. Dalam menjalin suatu kebersamaan, pastinya kita memiliki tujuan yang sama yaitu menciptakan suatu keutuhan persatuan dan kesatuan bersama yang menjadikan kekuatan dalam mewujudkan visi dan misi yang ingin dicapai. 

   Hal ini meski ada hubungan timbal balik, dalam suatu istilah Simbiosis Mutualisme yang diartikan hubungan antara kedua makhluk hidup yang saling berhubungan yang sama-sama diuntungkan karena adanya hubungan tersebut. Contoh halnya hubungan antara bunga dengan kupu-kupu yaitu kupu-kupu yang cantik suka hinggap di bunga yang indah. 

   Kupu-kupu hinggap di bunga karena ia membutuhkan madu yang terdapat di bunga. Kupu-kupu diuntungkan karena menemukan bunga, begitu pula bunga diuntungkan juga karena kedatangan si kupu-kupu. Dengan adanya kupu-kupu bunga dibantu penyerbukannya.

   Tak terasa sudah 2 (Dua) tahun mereka telah lulus dari SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir. Pada hari Sabtu, 26/9/2020 sebanyak 8 alumni SMP PGRI 6 Surabaya yang terdiri dari Aditya Alif Sadewa (Melanjutkan ke SMA NEGERI 4 Surabaya), Citra Ayu Kirana (Melanjutkan ke MA Sunan Giri), Dian Nita Anggraini (Melanjutkan ke SMA NEGERI 19 Surabaya), Faridatul Hasanah (Melanjutkan ke SMA NEGERI 19 Surabaya), Moch. Zainal Arifin (Melanjutkan ke SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya), Moh. Rizal (Melanjutkan ke SMK PT PAL Surabaya), Nikmatur Rosidah (Melanjutkan ke SMA NEGERI 19 Surabaya), dan Zaidan Maulana Alif (Melanjutkan ke SMK PGRI 6 Surabaya).

   Kedatangan 8 (Delapan) alumni SMP PGRI 6 Surabaya tersebut dikarenakan kangen dengan Sekolah mereka dan Guru - Guru mereka jhususnya Ibu Kasmijati selaku Ibunda dari Penulis. Ke 8 (Delapan) alumni SMP PGRI 6 Surabaya (SPEGRINAM Surabaya) langsung masuk ke kamar Ibunda dari Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya. Di ruangan kamar tersebut para alumni sangat akrab, mereka ngobrol bersama. 

   Karena ruangan sempit para alumni dan Ibu Kasmijati selaku Ibunda dari Penulis akhirnya pindah ke teras Ruang Tamu sambil makan Krupuk upil yang dibelikan oleh Ibu Lasmia, S.Pd selaku Pelatih Pramuka dan beliaunya juga alumni dari SMP PGRI 6 Surabaya. 

Menurut Citra Ayu Kirana, Teman – Teman kangen dengan Sekolah sudah 2 tahun tidak main ke Sekolah karena kesibukan tugas - tugas. Dalam kesempatan tersebut ke 8 (Delapan) alumni SPEGRINAM tersebut membawa Kue Lapis Kukus Surabaya untuk Ibu Kasmijati tercinta. 

   Sebelum pulang, Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 memberikan Paket Perdana dari Telkomsel buat Pembelajaran Jarak Jauh bagi alumni serta Penulis berharap agar para alumni bisa mengharumkan nama SMP PGRI 6 Surabaya serta beliau berterima kasih karena alumni masih ingat dengan Guru dan Sekolah mereka. Karena dengan ingat ke Guru, Ilmu yang yang di dapat selama Sekolah di SMP PGRI 6 Surabaya pasti akan berkah barokah selamanya.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar