APENSO INDONESIA

header ads

Webinar Pelatihan Headmaster Scale Up Batch-1

“Webinar Pelatihan Headmaster Scale Up Batch-1”


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



   Pendidikan di era modern saat ini telah berkembang dengan beragam bentuk dan metode yang ditawarkan. Pendidikan Agama Islam dan Al-Qur’an, sebagai salah satu pilar penting pembangunan peradaban masyarakat Indonesia, ternyata belum mendapatkan perhatian yang serius. Hal ini terlihat dari penerapan sistem Pendidikan Agama Islam dan Al-Qur’an yang bersifat monoton dari sisi metodologi dan bersifat parsial bila ditinjau dari substansi dan output pembelajarannya. 

   Alhasil, sistem pendidikan ini menghasilkan generasi yang hanya bisa membaca Al-Qur’an dengan kemampuan ala kadarnya. Penanaman rasa cinta dan kedekatan pada Al-Qur’an pun nyaris tidak menjadi prioritas dalam pembelajaran. Apalagi penanaman kesadaran beribadah dan pertumbuhan akhlaq Islami yang mulia, sehingga banyak murid muslim yang bisa baca Al-Qur’an tetapi mengalami degradasi ibadah dan moral. 

   Penumbuhan rasa cinta pada Al-Qur’an hanya dapat dilakukan dengan menghadirkan pembelajaran yang menggairahkan, tidak membosankan, bahkan membuat sang peserta didik ketagihan untuk terus belajar dan belajar. Oleh karena itu, Yayasan Syafa’atul Qur’an Indonesia (YAQIN) menghadirkan WAFA Belajar Al-Qur’an Metode Otak Kanan sebagai sistem dan metode pembelajaran Al-Qur’an yang Komprehensif, Mudah, dan Menyenangkan. 

   Konsep pembelajaran yang komprehensif memenuhi kebutuhan seorang muslim dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an sebagaimana sahabat Rasulullah yang mampu membaca, memahami, mempraktekkan, dan menghafal Al-Qur’an. 4 interaksi tersebut kami hadirkan kedalam kurikulum pendidikan Al-Qur’an dengan konsep 5T, yakni: Tilawah, Tahfidz, Tarjamah, & Tafsir.

   Supervisi manajerial adalah fungsi supervisi yang berkenaan dengan aspek pengelolaan sekolah yang terkait langsung dengan peningkatan efisiensi dan efektivitas sekolah yang mencakup (1) perencanaan, (2) koordinasi,(3) pelaksanaan, (4) penilaian, (5) pengembangan kompetensi SDM kependidikan dan sumber daya lainnya. 

   Supervisi adalah kegiatan yang dilakukan oleh pengawas satuan pendidikan dalam rangka membantu kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya guna meningkatkan mutu dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Supervisi ditujukan pada dua aspek yakni : manajerial dan akademik. 

   Supervisi manajerial menitikberatkan pada pengamatan aspek-aspek pengelolaam dan administrasi sekolah yang berfungsi sebagai pendukung (supporting) terlaksananya pembelajaran. Sementara, supervisi akademik menitikberatkan pada pengamatan supervisor terhadap kegiatan akademik, berupa pembelajaran baik di dalam maupun luar kelas. 

   Dalam Panduan Pelaksanaan Tugas Pengawas Sekolah/Madrasah (Direktorat Tenaga Kependidikan, 2009:20) dinyatakan bahwa supervisi manajerial adalah supervisi yang berkenaan dengan aspek pengelolaan sekolah yang terkait langsung dengan peningkatan efisiensi dan efektivitas sekolah yang mencakup perencanaan, koordinasi, pelaksanaan, penilaian, pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM) kependidikan dan sumberdaya lainnya.

   Pada hari Sabtu, 26/9/2020 Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Sabtu, 27/9/2020 mengikuti Webinar Pelatihan Headmaster Scale Up Batch-1 melalui Link Zoom : Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/89200398960?pwd=YjE0b2lQYUhFbUFyTTZtYVlvVVdrdz09.

   Adapun Pemateri dalam kegiatan tersebut yaitu Supervisi yang disampaikan oleh Ibu Dyah Saptariningtyas. Materi selanjutnya yaitu Dr. Shobikul Qisom, M.Pd menjelaskan tentang Supervisi Manajerial. Dalam kesempatan tersebut merasa bahagia dapat ikut kegiatan tersebut. 

   Harapannya nanti SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya bisa tertib administrasinya sehingga proses pembelajaran baik walaupun Sekolah Swasta. Harapannya ini Supervisi bisa berjalan terus sehingga Siswa aman dan nyaman dalam proses pembelajaran. Di akhir acara Penulis juga mendapatkan Sertifikat melalui link http://bit.ly/SertifikatHSP01.

#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat





Posting Komentar

0 Komentar