APENSO INDONESIA

header ads

BRANG WETAN DAN KAMPUNG SENI SIDOARJO GELAR KENTRUNG PANJI KELANA

BRANG WETAN DAN KAMPUNG SENI SIDOARJO GELAR KENTRUNG PANJI KELANA
 

Oleh : Kris Mariyono
Director of Jurnalisme Apenso Indonesia



Gelar Padang Bulan edisi 4 prakarsa Komunitas Seni Budaya Brang Wetan di Kampung Seni Pondok Mutiara Sidoarjo menghadirkan atraksi Seni Tradisional Kentrung Panji Kelana.

Dalam acara yang diprakasai Brang Wetan dan Kampung Seni Sidoarjo, Kentrung Panji Kelana di bawah pimpinan Ki Toro didukung Pringgo dan Stevanus mengetengahkan lakon Lahire Joko Tarub dan Tumirune Pusaka. Ki Toro dengan gaya tutur yang khas diwarnai balutan humor dan paduan irama musik minimalis kendan, jidor, dan terbang mampu memberikan hiburan bernuansa petuah kurang lebih satu jam.

Penampilan Ki Toro di malam minggu di suasana usai hujan turun kendati hanya disaksikan langsung puluhan penikmat seni tradisi di Sidoarjo namun di produksi Sidoarjokini.Com untuk konsumsi Youtube. 

Budayawan yang juga Pakar Ekonomi Cuk Sukiadi mengingatkan, sebenarnya seni tradisional Kentrung sudah berkembang di Sidoarjo puluhan bahkan ratusan lalu.

(Cuk Sukiadi - Budayawan, Pakar Ekonomi)

"Bapak dan Kakek saya adalah pelaku Seni Kentrung dan keduanya orang Sidoarjo asli tapi sayang Kentrung mungkin bisa dikatakan seni tradisi dari Sidoarjo ini tidak dilestarikan apalagi dikembangkan," jelas Pak Cuk sapaan akrab Cuk Sukiadi ketika memberikan sambutan sekaligus membuka acara Kentrungan Padang Bulan di Kampung Seni Sidoarjo.

Pak Cuk berharap, melalui Ki Toro yang sudah berpengalaman mengembangkan Seni Kentrung, pengambil kebijakan di Sidoarjo dapat melestarikan dan mengembangkan Seni Kentrung di setiap kecamatan.

"Mumpung masih ada Ki Toro alangkah bagusnya Seni Kentrung bergaung di setiap kecamatan di bawah binaannya" ujar Pak Cuk penuh semangat.

Ketua Kampung Seni Pondok Mutiara Mahmud Al Willy mengakui, Padang Bulan bersama Kentrung Ki Toro ini tidak terlepas dari keterbatasan dan berbagai kekurangan.

"Saya sangat respon ungkapan Pak Cuk, saya akan berupaya memberikan masukan kepada pemangku Kebijakan di Sidoarjo agar Kentrung dikembangkan secara optimal di Sidoarjo," tandas Cak Willy yang juga dikenal sebagai pendidik sekaligus Ketua MGMP IPS Jenjang SMP Kabupaten Sidoarjo.

-------




Posting Komentar

0 Komentar