APENSO INDONESIA

header ads

MATI SURI DUNIA PENDIDIKAN SEKOLAH SWASTA DI KOTA SURABAYA

MATI SURI DUNIA PENDIDIKAN SEKOLAH SWASTA DI KOTA SURABAYA


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. 

Sekolah swasta, juga disebut sebagai sekolah independen, tidak dikelola oleh pemerintah daerah, negara bagian atau nasional. Mereka memperoleh hak untuk menyeleksi siswa dan didanai seluruhnya atau sebagian dengan membebankan biaya sekolah kepada siswa, daripada bergantung pada dana pemerintah, siswa dapat memperoleh beasiswa masuk sekolah swasta yang menjadikan biaya sekolah lebih mudah tergantung bakat siswa, misalnya beasiswa olahraga, beasiswa seni, beasiswa akademik, dan lain - lain.

Hari Guru Nasional tahun 2020 yang diperingati oleh seluruh Guru setiap tanggal 25 November dimana tema yang di usung di Hari Guru Nasional 2020 adalah "Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar". Di hari Guru Nasional 2020 permasalahan – permasalahan pendidikan sangat banyak sekali mulai dari kebijakan Pemerintah yang sampai sekolah swasta dan Guru nya gulung tikar. 

Guru adalah sebuah aset dari keberhasilan pembangunan, dimana Guru yang seharusnya menjadi idola dan tuntunan itu kini hilang. Guru yang harusnya mengajar, mendidik, kini Guru disibukan dengan segudang administrasi di tambah lagi dengan sebuah kebijakan . 

Dimana ada sosok Guru yang bernama bapak SOENARJOKO, S.Pd beliau sudah mengabdikan untuk Negeri ini sudah hampir 21 tahun di SMP PGRI 5 Surabaya. Tetapi hanya Rp240.000 gaji yang beliau terima. Belum lengkap dengan sosok bapak SOENARJOKO, S.Pd, masih teringat di benak kita dosok ABDUL AZIS PANIGORO, S.Psi nantan Kepala SMP Gatra Surabaya yang kini beralih menjadi Penjual Kopi untuk menghidupi 3 anak beliau yang masih kecil - kecil. 

Bila melihat tema Hari Guru Nasional 2020 yang di usung "Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar" rasanya Penulis merasakan bahwa Guru – Guru yang seharusnya mereka menjadi Pahlawan selalu tersenyum di saat apapun. 

Solusi yang ditawarkan oleh Pemerintah berkali - kali akan mengangkat PPPK. Menurut Penulis jika PPPK itu dilaksanakan, maka akan menjadi beban dan derita bagi Sekolah Swasta. Dimana Guru - Guru hebat akan keluar dari SMP awal untuk mendaftar ke PPPK. Terus bagaimana Siswa dan Sekolah jika Guru tersebut diterima PPPK nasibnya.

Dalam kesempatan yang baik ini Penulis mengucapkan "SELAMAT HARI GURU NASIONAL 2020". Semoga Guru - Guru SMP Swasta Surabaya sehat, berkah barokah selamanya, serta semoga pendidikan di Indonesia khususnya di kota Surabaya semakin maju, semakin jaya tanpa adanya diskriminasi dan semoga Pendidikan Kota Surabaya mampu memberikan cinta untuk mencerdaskan Generasi Emas Unggul. 

Semoga Pendidikan di kota Surabaya khususnya SMP Swasta tidak Mati Suri sehingga Guru di kota Surabaya nampu maju, mampu berkembang dalam mencetak dan mencerdaskan Generasi Emas Unggul. 
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar