APENSO INDONESIA

header ads

MODERN DITENTUKAN KUALITAS HUMAN RESOURSES

MODERN DITENTUKAN KUALITAS HUMAN RESOURSES



Oleh: Gempur Santoso

(Gubes TI - UMAHA Sidoarjo)


Pendidikan tatap muka, antara pendidik dengan peserta didik. Sambutlah dengan baik. Sebab pendidikan manusia pasti dilakukan oleh manusia.

Online "mbah google" memang didesain tidak untuk mendidik manusia. Pun tak ada bukti sejak kecil hingga dewasa menjadi manusia terdidik, belajar dari online google.

Online google memang ada gunanya. Sebagai media belajar. Menjadi tempat brossing literatur. Sumber belajar. Tetapi online google bukan alat mendidik manusia.

Human resoursis bekualitas adalah penting. Untuk mendapatkan itu, pendidikan sangat berperan. Ada keyakinan bahwa negara dan bangsa ini akan maju, sangat ditentukan kualitas pendidikan bangsa. Kualitas human resourses (sumber daya manusia).

Indonesia akan maju pun memerlukan sumber daya manusianya. Kualitas rakyatnya. Manusia berjiwa besar, mampu dalam sains and technology

Oleh karena itu. Pendidikan dasar manusia harus utuh jasmani dan rohani. Itu diwujukan dalam pendidikan: afektif, kognetif, dan psikomotorik. Atau, cipto, roso, karso. 

Atau. Manusia akan utuh. Memiliiki kemampuan intektuaal (nalar), kemampuan qolbu (kehalusan rasa rohani), dan kemampuan raga (sehat jasmani/kemampuan hidup).

Jangan sampai tiga hal itu tidak seimbang dalam diri manusia. Pendidikan afektif, kognitif, dan psikomotorik harus seimbang.  

Memiliki nalar bagus, perilaku bagus, tetapi tak punya rasa. Bisa jadi akan menjadi kejam "raja tega". Dan keji lainnya.

Begitu pula perilaku bagus, olah rasa bagus, tetapi nelar rendah. Jelas akan mudah kena tipu yang merugikan. Dan sebagainya.

Juga, olah rasa bagus, nalar bagus, tetapi perilaku tidak bagus. Maka, bisa menjadi  manusia suka melanggar morma. Norma agama dan budaya. Menyimpang dari hak dan kewajiban. Jiwa koruptor pun berawal dari perilaku menyimpang dan merugikan bangsa dan negara. Merugikan rakyat. Dan lain lain.

Saat ini. Tetap ilmiah pada ilmu pengetahuan dan teknologi dan seni (di dalamnya termasuk ketaqwaan) menjadi terdepan. Jaman masih tetap akan berkembang di bidang itu. Kita bisa bersama hidup dalam kemajuan, maka perlu manusia beekualitas menguasai IPTEKS.

Sebab segala hal baru adalah diperuntukan pada manusia. Agar, lebih mudah, lebih aman, nyaman, dan tidak mencelakakan - maju.

Masusia terdidik sangat berbeda dengan manusia tak terdidik. Walau semua bersama hidup.

Kemajuan suatu bangsa dan negara. Tidaklah sendirin. Tidak segelintir manusia terdidik. Tetapi diperlukan sebagian besar atau semua rakyat terdidik. Memiliki tingkat pendidikan yang manusiawi.

Mau tidak mau, pendikan harus menjadi perhatian. Perlu anggaran yang memadahi. Pendidikan semua rakyat. Tidak sekadar membangun fisik. Tetapi semua, bangunlah jiwanya dan bangunlah bangsanya.

Semua rakyat terdidik, utuh sebagai manusia. Semoga Indonesia akan maju (modern) dan tetap merdeka.

Semoga semua sehat selalu...aamiin yra.

(GeSa)







Posting Komentar

0 Komentar