APENSO INDONESIA

header ads

Persiapkan Anak Didik SMP PGRI 6 Surabaya Untuk Menjadi Generasi Yang Memiliki Kedalaman Spiritual Dan Berkepribadian Islami

Persiapkan Anak Didik SMP PGRI 6 Surabaya Untuk Menjadi Generasi Yang Memiliki Kedalaman Spiritual Dan Berkepribadian Islami

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Pondok Ramadan merupakan kegiatan yang diselenggarakan pada waktu bulan puasa dengan berbagai bentuk kegiatan keagamaan seperti; buka bersama, pengkajian, sholat tarawih berjama’ah, tadarus Al-Qur’an dan pendalamannya, dan lain sebagainya. 

Jelasnya, kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan intensif yang dilakukan dalam jangka tertentu yang diikuti secara penuh oleh peserta didik selama 24 jam atau sebagian waktu saja dengan maksud melatih mereka untuk menghidupkan hari-hari dan malam-malam bulan Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan ibadah. 

Yang pasti bahwa kegiatan yang dijalankan disini adalah mencontoh apa yang dilakukan di pesantren-pesantren pada umumnya baik yang salaf mapun yang modern. 

Salah satu pemahaman lain tentang Pondok Ramadan yaitu suatu kegiatan sekolah yang bersifat intra kurikuler, kegiatan ini biasanya dilaksanakan pada bulan puasa (Ramadan).

Dalam rangka mempersiapkan anak didiknya untuk menjadi generasi yang memiliki kedalaman spiritual dan berkepribadian islami SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Selasa, 26/4/2022 – Kamis, 28/4/2022 mengadakan kegiatan Pondok Ramadhan 1443 H/2022 M.



Dalam kesempatan ini, adapun materi Pondok Ramadhan 1443 H/ 2022 M pada hari Selasa, 26/4/2022 adalah wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh ibu M. Rachma Widjajati, S.Pd, M.Si serta kepemimpinan oleh ibu Mei Kurniatul Adawiyah, S.Pd.

Sedangkan hari Rabu materinya adalah bahaya bullying oleh ibu Yuni Ismaryati, S.Pd. Selanjutnya cinta diri anak shalih oleh Duwi Lestari, S.E dan wawasan lingkungan hidup oleh ibu Sri Supadmi, S.Pd.

Dan terakhir hari Kamis, 28/4/2022 adalah adab pergaulan bebas oleh Mei Ratna Susanti, S.Si; penguatan moderasi beragama oleh Sulistiana, S.Pd dan pencegahan penyalagunaan narkoba oleh Dina Ayu Septyarini, S.Pd. 

Selain itu, penulis setiap pagi kebagian memimpin acara Sholat Dhuha, serta menemani membaca ayat Slsuci Al – Qur’an. 

Dimana kegiatan ini diikuti siswa kelas 1-6 SDS Al-Ikhlas Surabaya dan Kelas 7 – 9 SMP PGRI 6 Surabaya. Kegiatan ini dilakukan di terakhir setelah pelaksanaan Ujian Satuan Pendidikan serta mengambil Ramadhan hari yang ke 24 – 26.

Menurut penulis bahwasannya tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka mempersiapkan anak didiknya untuk menjadi generasi yang memiliki kedalaman spiritual dan berkepribadian islami.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar