APENSO INDONESIA

header ads

AJAK SISWA BARU UNTUK PEDULI BERBUDAYA LINGKUNGAN SEJAK USIA DINI DI SMP PGRI 6 SURABAYA

AJAK SISWA BARU UNTUK PEDULI BERBUDAYA LINGKUNGAN SEJAK USIA DINI DI SMP PGRI 6 SURABAYA



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Disadari atau tidak, bumi tempat kita tinggal sudah semakin tua. Tidak saja sumber daya alam yang semakin menipis, polusi di bumi juga semakin meningkat. Salah satu bentuk polusi yang ‘akrab’ dengan kehidupan kita sehari-hari adalah sampah. 

Tanpa pengelolaan yang baik, sampah dapat menimbulkan kerusakan lingkungan. Coba hitung berapa banyak sampah yang kita hasilkan dalam 1 hari, bila jumlah tersebut dikalikan dengan jumlah seluruh penduduk bumi. Bayangkan berapa banyak sampah yang akan menggunung. 

Jika kita tidak segera melakukan upaya perbaikan lingkungan, dalam hal ini pengelolaan sampah dengan baik maka anak cucu kitalah yang nanti harus menanggung akibatnya. 

Dengan semakin disadarinya kebutuhan akan kondisi lingkungan yang lebih hijau dan sehat, maka gerakan daur ulang kini semakin mengemuka. Bergerak dari rumah dan dimulai dari diri kita sendiri, mari bersama-sama menjaga lingkungan demi kehidupan yang lebih baik dan lebih sehat. 

- Mengurangi konsumsi makanan dan minuman dalam kemasan plastik, kaleng atau stereofoam. Mengurangi penggunaan pembersih berbahan kimia dan beralihlah ke pembersih yang lebih ramah lingkungan. Kita juga dapat menggunakan bahan-bahan alamiah untuk pembersih, misalnya jeruk lemon untuk sebagai campuran pemutih pakaian. 

Menghemat penggunaan listrik. Cabut kabel yang masih terhubung ke colokan listrik bila tidak digunakan. Perlu diketahui alat-alat elektronik yang menancap ke colokan listrik akan tetap menyedot listrik meskipun kita sudah mematikannya.

SMP PGRI 6 Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Selasa, 26/7/2022 siswa/siswi kelas 7 sebelum mulai giat pagi mereka membersihkan halaman sekolah dengan gerak cepat.

Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya menyampaikan bahwa peduli dan berbudaya lingkungan diajarkan sejak usia dini. Penulis juga menyampaikan bahwa dengan peduli lingkungan berarti kita sudah menyelamatkan bumi ini. Penulis juga menyampaikan salam bumi, salam lestari. 

Selesai membersihkan halaman sekolah tersebut siswa/siswi seperti biasa kegiatan pembiasaan hari Selasa yaitu mengaji membaca Juz Amma sebagai pembiasaan literasi yang ada di Sekolah.

Setelah pembacaan Juz Amma, mereka siswa/siswi masuk ke dalam ruang kelas masing-masing untuk mengikuti pembelajaran. Penulis berharap semoga kelak siswa/siswi tumbuh menjadi generasi emas unggul dan berkarakter,
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat







Posting Komentar

0 Komentar