APENSO INDONESIA

header ads

Kedisiplinan Harus Diajarkan Sejak Dini Agar Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya Menjadi Generasi Emas Unggul Dan Berkarakter

Kedisiplinan Harus Diajarkan Sejak Dini Agar Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya Menjadi Generasi Emas Unggul Dan Berkarakter


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Si Kecil butuh ruang yang sangat besar untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Itu sebabnya, ia mudah merasa bosan jika seharian harus terus-terusan berada di dalam rumah. Namun, sebelum ia bisa dilepas untuk beraktivitas di luar rumah, ada baiknya membekalinya dengan kebiasaan disiplin.

Disiplin adalah salah satu cara agar si kecil bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Jika mereka sudah terbiasa bersikap disiplin di rumah, maka bisa lebih tenang dan tidak khawatir saat ia beraktivitas di luar rumah, misalnya di sekolah, di taman bermain, atau saat berkunjung ke rumah temannya. 

Salah satu bentuk disiplin yang diajarkan kepada anak saat ia beraktivitas di luar rumah adalah mematuhi batasan waktu dan mengetahui ekspektasi orang tua untuk ia pulang ke rumah tanpa mampir. Ini memang bukan soal yang mudah, karena si kecil bisa lupa waktu jika sudah bermain dengan teman-temannya. 

Anak yang terbiasa disiplin juga bisa memberi pengaruh yang baik saat ia berada di sekolah. Misalnya, si kecil tidak akan telat masuk ke kelas karena asyik bermain. Selain itu, ia akan lebih mudah menerima pelajaran dari guru, karena mereka tahu kapan harus siap untuk belajar.

SMP PGRI 6 Surabaya merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir. Dimana selalu mengajak siswa/siswi-nya menerapkan kedisiplinan yang harus diajarkan sejak dini. Seperti yang disampaikan ibu Anis Laily Mufidah, S.Pd selaku Kepala SDS Al-Ikhlas Surabaya saat menjadi pembina upacara hari Senin, 22/8/2022.

Dalam kesempatan tersebut, ibu Anis Laily Mufidah, S.Pd menekankan untuk seluruh siswa agar beperilaku kedisiplinan, mulai disiplin jam masuk sekolah. Dimana di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya masuk pukul 06.30.

Di samping itu, disiplin dalam memakai seragam sekolah, disiplin untuk ikut extra, serta untuk selalu peduli berbudaya lingkungan.

Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya menyampaikan bahwa kedisiplinan harus diajarkan sejak dini agar siswa/siswi kelak menjadi generasi emas unggul dan berkarakter.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar