APENSO INDONESIA

header ads

BERSAMA UNIKA WIDYA MANDALA DAN MKKS BRAINDING SMP SWASTA SURABAYA UTARA SUKSES PPDB 2023-2024

BERSAMA UNIKA WIDYA MANDALA DAN MKKS BRANDING SMP SWASTA SURABAYA UTARA SUKSES PPDB 2023-2024



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Istilahbranding” berasal dari istilah dunia usaha atau dunia bisnis. “Branding” merupakan pencitraan agar suatu produk dapat menarik dan melekat di benak konsumen. Atau Branding itu adalah suatu usaha untuk menciptakan sebuah merek dengan karakteristik image yang unik dan spesifik. 

Tujuan utama dari suatu branding adalah untuk mengenalkan “brand” perusahaan. Brand/merek adalah nama, istilah, desain, simbol, atau ciri-ciri lainnya dari sebuah produk atau jasa yang menjadi ciri khas dari produk/ jasa yang lain. 

Kita telah mengenal ribuan atau lebih merek/ brand dagangan, seperti nama-nama merek makanan-minuman, pakaian, bahan bangunan, obat-obatan, kendaraan, alat komunikasi, perlatan elektronik, dan sebagainya. Setiap merek dagangan biasanya memiliki ciri khas masing-masing sepert logonya, warna dominan, bentuk, rasa/ manfaatnya, dan karakteristik lainnya. 

Pencitraan sekolah atau school branding merupakan salah satu cara untuk membedakan sekolah satu dengan yang lain. Branding ini lebih mudah diketahui melalui citra visual, sehingga adanya sekolah tersebut, mudah direkam dalam memori khalayak. 

Pada hari Selasa, 29/11/2022 MKKS SMP Swasta Surabaya Utara bersama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Unika Widya Mandala Surabaya mengadakan kegiatan pendampingan (coaching clinic) terkait Branding Sekolah dan cara promosi efektif PPDB 2023-2024.






Dimana bapak Christopher Chandra, S.Des., M.Des menjelaskan Brainding In Institution. Materi yang kedua yaitu promosi untuk peningkatan jumlah siswa baru yang disampaikan oleh ibu Theresia Intan Putri Hartiana, S.Sos., M.I.Kom, dan materi selanjutnya yaitu lay out dan coluring yang disampaikan oleh bapak Christopher Chandra, S.Des., M.Des.



Dalam kesempatan ini, penulis yang juga Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dan Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir dalam sambutannya dengan Brainding In Institution serta promosi diharapkan peningkatan jumlah siswa baru di SMP Swasta Surabaya Utara meningkat sehingga kesejahteraan guru - guru di SMP Swasta Surabaya Utara neningkat pula. 






Dalam kesempatan tersebut turut hadir Heri Setiawan, S.Sos., M. Med.Kom selaku Sub Kordinator peserta didik Sekolah Menengah Dinas Pendidikan kota Surabaya. 








Dalam kesempatan ini sebanyak 96 Sekolah membuat desain canva dan dikumpulkan lewat drive panitia dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Dari peserta yang mengumpulkan, oleh pihak panitia diambil 5 Sekolah Terbaik. Dimana 2 terbaik mendapatkan hadiah dari MKKS SMP Swasta Surabaya Utara yaitu :
1. SMP Barunawati
2. SMP Al Ghozali Surabaya
3. SMP PGRI 6 Surabaya
4. SMP Romly Tamim
5. SMP Taruna Jaya 1 Surabaya

Dalam kesempatan ini diserahkan 2 hadiah kepada SMP Barunawati dan SMP Al Ghozali Surabaya serta juga diserahkan cinderamata dan sertifikat untuk para narasumber. 



Penulis berharap untuk terus promosikan sekolah. Bapak/ibu mulai sekarang untuk mencari siswa sebanyak - banyaknya baik lewat media sosial instagram, tiktok, fb dan lain - lain. Jangan minder menjadi sekolah kecil kita semua sama untuk maju bersama untuk sukses PPDB 2023-2024.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat








Posting Komentar

0 Komentar