APENSO INDONESIA

header ads

MAFINDO JOMBANG MENJADIKAN LANSIA SEBAGAI AGEN LITERASI DIGITAL

MAFINDO JOMBANG MENJADIKAN LANSIA SEBAGAI AGEN LITERASI DIGITAL





Jombang, apensoindonesia.com - Masyarakat Anti Fitnah (MAFINDO) wilayah Jombang melaksanakan program Akademi Digital Lansia, di RM Sri kedaton Mojoagung (22/12) sebagai salah satu pustaka yang bisa dimanfaatkan dalam beragam program literasi digital untuk lansia terutama untuk mendampingi mereka agar berdaya internet. 

Sebab, saat ini semakin banyak lansia memanfaatkan telepon genggam terutama untuk membangun komunikasi dengan anak, cucu dan anggota keluarga lainnya maupun dengan anggota masyarakat lainnya.

Kegiatan yang diprakarsai Mafindo dan didukung secara nasional oleh google.org bertujuan membekali lansia dengan kemampuan untuk berpikir kritis sehingga tidak terjebak dalam penipuan digital, hoaks, dan hasutan kebencian, serta mengembangkan support system bagi lansia dalam melatih dan menerapkan berpikir kritis. 

“Termasuk juga agar para lansia mampu melakukan pengecekan fakta melalui Nomer Whattsapp Kalimasada,” ungkap Ketua Panitia Hanifah Atmi Nurmala.

Hanifah menjelaskan topik-topik yang termasuk dalam program pelatihan ini di antaranya adalah dasar-dasar perlindungan data pribadi, navigasi YouTube untuk lansia, kiat-kiat aman bertransaksi digital, serta teknik-teknik identifikasi hoax dan pencegahan ujaran kebencian di ranah digital. 

Sebanyak 15 relawan Mafindo Jombang yang bergabung dalam pelatihan ini sebagai fasilitator. Para peserta yang bergabung di program Akademi Digital Lansia ada tiga kelompok, kelompok lansia (usia 60 tahun) berasal dari Komunitas PKK, Permamin, PKH, Muslimat, Aisyah; kelompok pra lansia (usia 45 – 60 tahun) berasal Kader Posyandu Lansia dan dan juga dari pendamping lansia (usia dibawah 45 tahun) berasal dari GP Ansor, Fatayat dan Pendamping PKH.

Hadir juga Koordinator Mafindo wilayah Jombang, bapak Wahyu subianto. Di sela - sela acara menjelaskan bahwa kegiatan Akademi Digital lansia bertujuan untuk menjadikan lansia sebagai agen literasi digital bagi lingkungannya agar tidak terjebak dalam penipuan digital, hoaks, dan hasutan kebencian. 

Pada kesempatan ini, para fasilitator dari Mafindo Jombang berbagi tentang mengenal konten dan fitur yang disajikan youtube juga ara membuat akun di youtube, menciptakan konten youtube yang aman untuk keluarga, dengan langkah pengaturan waktu dan memfilter konten serta memperkenalkan dan mempraktekkan Kalimasada, yaitu aplikasi cek fakta di WhatsApp yang dapat mempermudah pengecekan informasi yang cukup mudah digunakan, hanya dengan menyimpan nomor yang diberikan dan mengetikkan kata kunci informasi yang hendak diperiksa kebenarannya.


Penulis : Kangnuhin


***







Posting Komentar

0 Komentar