APENSO INDONESIA

header ads

RAKYAT MENJADI PENTING DI REPUBLIK

RAKYAT MENJADI PENTING DI REPUBLIK



Oleh: Gempur Santoso

Negara kita tercinta Indonesia berbentuk republik. Dalu, disebut Republik Indonesia (RI) . Akhir-akhir ini disebut Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tetap Republik. 

Secara harfiah "Re" berarti kembali, "publik" berarti rakyat atau masyarakat. Republik bisa berarti "kembali ke rakyat". Tampak rakyat adalah menjadi tumpuhan keputusan tertinggi. 

Terbentuk negara, setidaknya memiliki tiga unsur penting: ada rakyat, ada wilayah (teretoial), dan ada dasar negara (Pancasila dan UUD45 sebagai dasar negara kita, utama). 

Jumlah rakyat Indonesia sangat banyak. Ada yg menyebut sekitar 275 juta orang penduduk. Jumlah rakyat yg banyak direprentasikan dalam perwakilan rakyat. Atau, barangkali disebut dewan perwakilan rakyat. 

Dalam bentuk "Republik", adanya rakyat menjadi sangat penting. Rakyat Indonesia atau juga disebut bangsa Indonesia. 

Dalam wilayah negara Indonesia, di dalamnya ada rakyat Indonesia. Dalam pembangunan fisik, tentu untuk membangun demi kebutuhan rakyat. Untuk ketertataan rakyat, untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, untuk ketentraman rakyat, untuk kedamaian rakyat. Rakyat Indonesia atau bangsa Indonesia. 

Satu nusa, yakni satu kepulauan Indonesia. Satu bangsa, yakni bangsa Indonesia bukan bangsa lain. Dan, satu bahasa yakni bahasa Indonesia, cikal bakalnya dari bahasa Melayu ditambah serapan dari berbagai bahasa lokal lainnya. 

Pembangunan, semua, untuk rakyat atau istilahnya membangun sumberdaya manusia. Utama. Penting. Kemudian juga pembangunan fisik. Sebagaimana dalam syair Indonesia Raya "bangunlah jiwanya bangunlah badannya untuk Indonesia Raya...".

Negara republik (kembali ke rakyat), rakyat menjadi penting dan utama. 

Semoga kita selalu sehat lahir batin... aamiin YRA. 

(GeSa) 




Posting Komentar

0 Komentar