APENSO INDONESIA

header ads

SEDERHANA DEMOKRASI

SEDERHANA DEMOKRASI



Oleh: Gempur Santoso

Sederhana itu bukan pelit. Sederhana itu tidak ribet. Sederhana itu tidak glamor. Sederhana itu top atau memiliki nilai tinggi. Karena sederhana itu membuat cepat dan mudah. 

Ketika berbagai buku berserakan. Untuk mencari buku tetang sesuatu judul tertatu. Tentu akan tidak mudah, lama menemukan. Mencari-cari sampai ketemu. 

Lain hal. Apabila sebelumnya buku disusun ditaruh pada rak buku. Tiap buku tentang sesuatu ditaruh tersusun dan tertata menjadi satu. Maka, ketika menghendaki mendapatkan buku yg dicari akan mudah dan cepat. Itu menjadi sederhana. Tidak ribet. 

Sederhana itu hakekat saja. Hakekat itu misal enak makan karena lapar. Makan apa saja halal pokok lapar akan enak. Pulas dan enak tidur karena ngantuk. Semahal apapun dipan kasur jika tak ngantuk juga sulit tidur. Tak enak tidur. Dan lain lain. 

Begitu pula Demokrasi pilsung (pemilihan langsung) atau Demokrasi hakekatnya apa? Sederhananya apa? 

Sederhana Demokrasi adalah memilih pemimpin atau wakil "rakyat" dari "rakyat" Oleh "rakyat" Untuk "rakyat". Ya sederhana saja bahwa semua adalah " Rakyat". Yakni "rakyat" Suatu negara. Tentu negara Republik Indonesia. 

Rakyat milih dengan cara menyoblos kertas suara sebagai pilihan saat pemilihan umum (pemilu) di tempat pemilihan suara (TPS). Yang utama memilih adalah ada yg dipilih, tahu siapa yang dipilih. 

Tentu memilih pilihan. Pilihan yg sungguh-sungguh berpihak rakyat. Pilihan bukan yg tak berpihak rakyat Indonesia. Bukan pilihan abal-abal. Bukan pula pilihan yg ber berpihak investor imperialis. Bagaimana dengan pilihan Anda? 

Semoga kita selalu sederhana dalam segala hal, sehat lahir batin...aamiin YRA. 

(GeSa) 







Posting Komentar

0 Komentar