APENSO INDONESIA

header ads

PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN BUTUH STRATEGI

PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN BUTUH STRATEGI


Oleh: Gempur Santoso

Strategi pembelajaran lain hal dengan strategi pendidikan. 

Strategi pembelajaran sangat terkait dengan pengelolaan proses belajar mengajar. Tahu usia siswa yang diajar, pakai metode pembelajaran yang sesuai, perlu media pembelajaran apa yang diperlukan. Dan, lain-lain semua itu agar siswa mudah menerima materi belajar. 

Secara psikologis pertumbuhan manusia. Usia anak itu suka meniru, suka bermain. Maka, pertu taman bermain. Bermain sambil belajar. 

Pada usia remaja saat sekolah lanjutan, itu dalam masa adolesensi. Artinya secara fisik seperti orang dewasa, secara mental masih kurang. Masa remaja yang menonjol yakni masih butuh "aku", mencari pengakuan jati diri. 

Kalau usia mahasiswa bisa dilakukan pendidikan orang dewasa. Lebih banyak belajar untuk tanggungjawab atas diri dan aktivitasnya, masa depannya. 

Dengan keadaan manusia peserta didik di atas. Diperlukan strategi pembelajaran. Materi, alat belajar dan metode pembelajaran disesuaikan usia peserta didik. 

Kemudian. Kalau strategi pendidikan sangat erat dengan cara memimpin/mengelola lembaga pendidikan. 

Pengelolaan lembaga pendidikan mengarah sesuai tujuan dan dilaksanakan secara efektif (memiliki hasil) dan efesien (tepat guna). 

Strategi pendidikan ini setidaknya membawa lembaga pendidikan lebih maju dan lebih berkualitas. Dalam melaksanakan program harus gunakan anggaran yang efesien sehemat mungkin alias tidak boros. 

Selain itu, strategi pendidikan agar tujuan tercapai, perlu sumbar daya bermutu dan berkualifikasi. Penempatan sumber daya manusia yang sesuai keahliannya. Sebagaimana pepatah, "hasil akan lebih baik jika segala urusan diserahkan pada ahlinya". 

Semua indikator strategi pendidikan di atas. Akan selalu ada perbaikan atas temuan hasil evaluasi. Dan, proses peningkatan lembaga pendidikan harus selalu dikontrol, agar tak berlarut larut jika mengalami penyimpangan. 

Semoga kita sehat selalu...aamiin YRA. 

(GeSa





Posting Komentar

0 Komentar